Timnas Tersingkir, Nil Maizar Siap Bertanggung Jawab Nil tidak mau menyalahkan siapa pun akibat kekalahan ini.


Nil Maizar, Coach, Indonesia & Datuk K.Rajagopal, Coach, Malaysia

Indonesia dipastikan tersingkir dari fase grup AFF Suzuki Cup 2012 usai ditundukkan rumah Malaysia 2-0 di laga pamungkas di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (1/12) malam WIB.

Dua gol Harimau Malaya dicetak Azammuddin bin Mohd Akil dan Mahali Jasuli di babak pertama. Dengan hasil ini, Malaysia melaju ke babak semi-final dengan status runner-up, menemani Singapura, yang di saat bersamaan menang 4-3 atas Laos.

Malaysia akan menghadapi Thailand di babak empat besar, sementara Singapura bersua Filipina.

Pelatih Indonesia Nil Maizar mengakui timnya mengawali pertandingan dengan cukup bagus, terbukti tampil lebih menyerang dan memiliki sejumlah peluang mencetak gol.

"Tim kami lebih tampil menyerang ketimbang Malaysia. Tim juga memiliki semangat yang bagus. Tapi, ketika kami memiliki peluang mencetak gol, tapi kami gagal mengakhirinya [menjadi gol]. Kami pun harus membayar [kegagalan ini]. Itulah sepakbola," ujar Nil Maizar dalam sebuah konferensi pers usai pertandingan.

"Setelah lawan mencetak gol, kami kehilangan fokus, dan sejumlah pemain kami jadi tampak kurang percaya diri karena kami mengawali pertandingan dengan bagus dan bisa menciptakan sejumlah peluang."

Nil mengaku siap bertanggung jawab penuh atas kegagalan timnya. Pelatih muda asal Sumatera Barat itu tidak mau menyalahkan para pemainnya. Ia siap menerima apa pun keputusan yang akan diambil Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait masa depannya menangani tim.

"Saya akan bertanggung jawab atas tim. Saya tidak ingin menyalahkan siapa pun. Saya tidak bisa banyak mengatakan, tapi saya pikir kami perlu lebih siap untuk waktu ke depan. Saya akan menerima apa keputusan federasi [PSSI]," ujar Nil mengakhiri.


Sumber : goal.com